WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN AIK 👁️️ 390

By Muhammad Muzakki Kamis, 30 Maret 2023 | 06:49 am Kegiatan

WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN AIK

Muhammadiyah lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai organisasi yang fokus pada bidang pendidikan. Namun apakah persepsi semacam ini benar?  iya, tapi tidak semuanya benar sebab Muhammadiyah  pada awal berdirinya membawa misi dakwah amar ma’ruf nahi munkar dengan jalur sosial dan pendidikan namun seiring berjalannya waktu Muhammadiyah mulai menambah jalan dakwahnya yaitu jalur ekonomi, sosial-budaya dan politik

Muhammadiyah dengan segala amal usahanya yang monumental terutama amal usaha di bidang pendidikan telah banyak memberikan kontribusi yang begitu luar biasa terhadap perkembangan pendidikan di seluruh negeri dan hebatnya lagi, Muhammadiyah dengan kemandiriannya telah melahirkan tokoh-tokoh yang tidak diragukan peranannya untuk membangun bangsa Indonesia seperti Soekarno, Ki Bagus Hadi Kusumo, Jendral Sudirman, Djuanda dan tokoh lainnya.

Berbicara pendidikan yang dirintis dan di kelola Muhammadiyah dari awal berdirinya hingga saat ini, maka Muhammadiyah telah memiliki lembaga pendidikan cukup banyak  yang jumlahnya ribuan unit mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini hingga tingkat perguruan tinggi baik yang berada di Indonesia maupun yang berada di belahan dunia yang lain. Berdasarkan data majlis diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah   bahwa saat ini Muhammadiyah  memiliki 173 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia dan 1 perguruan tinggi Muhammadiyah berada di Malaysia.

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong adalah representasi Muhammadiyah di bidang pendidikan pada kawasan Indonesia timur. Fokus pengembangan pendidikan pada masyarakat asli Papua membuat UNIMUDA berhasil menjadi salah satu icon dalam mengimplementasi nilai-nilai Multikulturalisme dan menariknya zero konflik di dalam proses pembelajaran akademik. Mengingat atas pencapaian yang baik ini, Lembaga Al Islam Kemuhammadiyahan berupaya agar terus berupaya meningkatkan pembelajaran yang muaranya adalah impelementasi multikulturalisme, maka pada hari kamis, 30 Maret 2023 diadakan Workshop Peningkatan Kompetensi dosen AIK yang bertempat di meeting room gedung rektorat, yang lebih special pada kegiatan ini dibersamai pemateri handal yaitu Prof. Syamsul Arifin, M.Si selaku ketua  Forum Pimpinan AIK PTMA. Sebagaimana apa yang diungkapkan oleh Muzakki selaku kepala Lembaga AIK UNIIMUDA Sorong bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan yang sudah baik namun dibutuhkan penyegaran kembali serta peningkatan-peningkatan kurikulum pembelajaran AIK di UNIMUDA Sorong, lebih lanjut ia mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen pengampu matakuliah dari berbagai prodi. Selanjutnya hasil dari kegiatan workshop peningkatan dosen AIK yaitu membentuk tim pengembang kurikulum AIK dan pemisahan mahasiswa muslim dan non muslim khusus pembelajaran mata kuliah AIK 1 dan  AIK 2.   

By Muhammad Muzakki Kamis, 30 Maret 2023 | 06:49 am

Artikel Terbaru