SAMBUT GEMBIRA DATANGNYA BULAN SUCI RAMADHAN 1444 H πŸ‘οΈοΈ 413

By Muhammad Muzakki Selasa, 21 Maret 2023 | 15:15 pm Kegiatan

SAMBUT GEMBIRA DATANGNYA BULAN SUCI RAMADHAN 1444 H

Allah Swt. menciptakan alam semesta begitu sempurna dan indah. Diantara tanda kekuasaan Allah adalah menciptakan bumi dan seisinya dengan segala pernak-perniknya. Dan ditambah sempurna ciptaan Allah yaitu dengan diutusnya para utusan-Nya di segala peradaban manusia karena semata-mata begitu sayangnya Allah kepada umat-Nya. Setiap utusan Allah membawa syar’iat tersendiri yang menyesuaikan dengan kaumnya saat itu. Nabi Muhammad Saw.  adalah laki-laki mulia pilihan Allah Swt. yang memimpin manusia termasuk para nabi dan utusan Allah, dengan membawa syari’at Islam yang meliputi para utusan Allah sebelumnya, beliau juga diutus kepada seluruh manusia dan jin. Salah satu syariat yang dititipkan Allah kepada Nabi Muhammad Saw. adalah ibadah puasa.

Ibadah Puasa di kalangan umat Islam lebih semarak dilaksanakan pada bulan Ramadhan  sehingga bulan Ramadhan memiliki nama lain yaitu bulan puasa. Berbicara bulan Ramadhan banyak sekali keistimewaan yang dimilikinya, sehingga mayoritas umat Islam sangat gembira jika berjumpa dengan bulan Ramadhan, bahkan ada jika ada orang sakit berharap bisa segera sembuh untuk melakukan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan dan ada pula yang nekat berpuasa meskipun dalam keadaan kurang sehat.   

Mengetahui akan pentingnya bulan Ramadhan, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah yang konsen di bidang keilmuan dan pengamalan Islam di tengah-tengah masyarakat yang heterogen menyambutnya   dengan mengadakan pengajian umum bersama ustadz Sapuan, S.HI., M.H. ketua pengadilan Sorong, pada hari Selasa, 21 Maret 2023 pukul 16.00 WIT. dengan tema “memperkuat semangat berislam dalam meraih keutamaan bulan Ramadhan” pengajian ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika sorong baik dosen, karyawan, dan mahasiswa serta masyarakat sekitar. Pengajian umum lebih semarak lagi sebab di buka langsung oleh Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah Berdasarkan penuturan Muzakki selaku kepala lembaga AIK, bahwa  pengajian ini di inisiasi oleh lembaga AIK untuk menyambut bulan suci Ramadahan 1444 H, yang dihadiri kurang  lebih 200 jama’ah.

Pengajian umum berlangsung selama kurang lebih 2 jam di masjid Salman Alfarisi, yang diikuti secara hikmad dan antusias oleh seluruh jama’ah terbukti dari banyaknya pertanyaan yang diajukan jama’ah saat sesi tanya-jawab. Adapun poin yang disampai oleh pemateri dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H yaitu berislam itu harus menjadi PENCERAH, P: pencerahan hak E: empiris (mudah dipahami), N: non traksasional dalam amal, C: cerdas dan solutif, E: elegan, R: realistis, A: adanya tanggungjawab dan H: hasilnya maslahat. Dengan adanya kegiatan ini panitia berharap agar umat Islam khususnya di kabupaten Sorong lebih siap secara fisik dan mental menghadapi kehadiran bulan yang dinanti-nantikan kehadirannya dalam setahun sekali.

By Muhammad Muzakki Selasa, 21 Maret 2023 | 15:15 pm

Artikel Terbaru