IMPLEMENTASI IBADAH KURBAN OLEH WARGA SIVITAS UNIVERSITAS PENDIDIKAN (UNIMUDA) SORONG πŸ‘οΈοΈ 409

By Aldi Wijaya Senin, 11 Juli 2022 | 18:30 pm Berita

IMPLEMENTASI IBADAH KURBAN OLEH WARGA SIVITAS UNIVERSITAS PENDIDIKAN (UNIMUDA) SORONG

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong merupakan salah satu ikon eksistensi Muhammadiyah di Papua Barat. UNIMUDA Sorong yang berada di kabupaten Sorong menjadi pusat dakwah Muhammadiyah karena semua kegiatan Muhammadiyah dikelola mulai dari pendidikan anak usia dini, hingga pendidikan tinggi bahkan kegiatan perekonomian, sosial dan politik di ramu sekaligus diimplementasikan pada masyarakat. Perannya juga selalu berupaya mensukseskan setiap keputusan dan program-program dari pimpinan pusat Muhammadiyah di masyarakat grassroot, salah satunya yaitu penentuan jatuhnya awal Ramadhan dan dua hari raya baik Idul Fitri ataupun Idul Adha. Dalam penentuan awal bulan hijriyah antara pemerintah dan Muhammadiyah memiliki perbedaan, Muhammadiyah menggunakan metode hisab dan pemerintah menggunakan metode rukyat, alhasil  beberapa kali terjadi perbedaan antara pemerintah dengan Muhammadiyah.

Tibanya hari raya Idul Adha tahun 1443 H ini agak sedikit berbeda dengan keputusan pemerintah pada tahun-tahun sebelumnya sebab Muhammadiyah dengan metode hisabnya memutuskan hari raya Idul Adha 1443 H jatuh pada hari Sabtu, 9 juli 2022. Keputusan ini berdampak pada sikap masyarakat grassroot dalam beradaptasi di antara mereka, namun bagi warga persyarikatan yang militan tidak menjadi halangan untuk sami’na waatho’na terhadap semua keputusan yang diambil Muhammadiyah meskipun tidak sedikit yang mencibir atas perbedaan tersebut. UNIMUDA Sorong yang berdiri tegak di tengah heterogenitas masyarakatnya menyambut gembira atas datangnya momen Idul Adha yang biasa disebut juga Idul Qurban. Kegembiraan ini dimanifestasikan dalam bentuk suara takbir di masjid, pelaksanaan shalat hari raya Idul Adha dan pemotongan hewan kurban. 

Penyelenggaraan shalat hari raya Idul Adha  untuk warga sivitas UNIMUDA Sorong dan warga sekitar dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 9 Juli 2022 bertempat di lapangan air mancur UNIMUDA Sorong di mulai pada pukul 08.00 hingga selesai. Adapun yang bertindak selaku khotib yaitu ustadz Jumadi, Lc., M.Pd. salah satu dosen Ma’had Bilal Bin Rabah sekaligus dosen PAI UNIMUDA Sorong dan yang bertindak sebagai imam yaitu saudara Arif Hidayatullah salah satu mahasiswa PAI UNIMUDA Sorong sekaligus imam tetap masjid Salman Alfarisi. Pelaksanaan shalat Idul Adha 1443 H ini bisa dikatakan lebih meriah dalam segi kuantitasnya daripada tahun sebelumnya meskipun ada perbedaan waktu pelaksanaan, hal ini sebagaimana yang dituturkan oleh Faizin selaku ketua panitia penyelenggaraan shalat Idul Adha.  

Dalam momentum Idul Adha 1443 H ini, warga sivitas akademika UNIMUDA Sorong dan warga sekitar juga menyelenggarakan pemotongan hewan kurban, menariknya di tahun ini jumlah hewan kurban yang terakumulasi dari para dosen dan warga sekitar lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Sebagaimana yang disampaikan Bapak Faizin, Kepala UPT AIK UNIMUA Sorong, bahwa tahun ini, Alhamdulillah kami berhasil mengumpulkan hewan kurban sejumlah 10 ekor sapi dari hasil iuran para dosen dan tendik, warga sekitar dan sumbangan dari Bupati Raja Ampat, namun untuk pelaksanaan pemotongan hewan kurban kami bekerjasama dengan ortom (Hizbul Wathan, Nasyiatul Aisyiyah), Panti Asuhan Muhammadiyah Aimas, Ma’had Bilal Bin Rabah, dan Takmir Masjid Salman Alfarisi. Pemotongan dilaksanakan pada hari sabtu dan hari ahad, sedangkan pendistribusian daging kurban diberikan kepada shohibul qurban, panitia dan warga sekitar dengan mengedepankan prinsip syar’i yang diajarkan Rasulullah Saw. (zaki)

By Aldi Wijaya Senin, 11 Juli 2022 | 18:30 pm

Artikel Terbaru