GERAKAN CINTA AL-QUR’AN KIAN TERASA MEMBUMI DI UNIMUDA SORONG 👁️️ 185

By Muhammad Muzakki Rabu, 23 November 2022 | 09:21 am Kegiatan

GERAKAN CINTA AL-QUR’AN KIAN TERASA MEMBUMI DI UNIMUDA SORONG

UNIMUDA Sorong selama ini dikenal sebagai kampus Islam multikultural oleh masyarakat, sebuah institusi pendidikan yang sangat terbuka dengan segala perbedaan bagi warganya, bukti keseriusannya sebagai kampus yang welcome dengan heterogenitasnya nampak pada jumlah mahasiswa non muslimnya sekitar 70 persen dari total mahasiswa UNIMUDA Sorong, namun meskipun populer dengan labeling kampus multikultural, UNIMUDA Sorong bertekad akan terus memperkuat aqidahnya, dan memperkokoh kultur keislamannya. 

Gerakan memperkuat aqidah dan kultur keislaman di sivitas akademika UNIMUDA Sorong semakin nampak, terbukti dengan masifnya gerakan tahsin dan tahfizh yang dilakukan oleh para dosen dan karyawan UNIMUDA Sorong, bahkan dilakukan sepekan sekali. Mungkin ada pertanyaan kenapa hanya dilakukan sepekan sekali? Sebab jika melihat kepadatan aktivitas akademik di UNIMUDA Sorong sehingga program Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dapat dilaksanakan hanya sepekan sekali.

Pada dasarnya program tahsin dan tahfidz diinisiasi oleh Lembaga Al Islam Kemuhammadiyahan yang bersinergi dengan seluruh dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk menjadi mentor pada tiap fakultas. Prosedurnya yaitu dosen PAI ditunjuk menjadi mentor salah satu fakultas kemudian dekan menghubunginya untuk menyepakati waktu dan hari pelaksanaan tahsin dan tahfidz dalam sepekan. Dari beberapa kesepakatan dengan setiap fakultas  diantaranya Fakultas Ekonomi Bisnis dan Humaniora dilaksanakan hari selasa,  Fakultas Teknik hari Sabtu, Fakultas Sains Terapan hari Rabu, Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Politik hari Jum’at, Fakultas Pendidikan Eksakta hari kamis, serta Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga hari jum’at.    

 Program ini telah berjalan sekitar satu bulan lebih di sivitas akademika UNIMUDA Sorong namun perubahan sudah mulai nampak terbukti dengan adanya peningkatan  kompetensi para dosen dan karyawan dalam membaca Al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid serta  semakin nampak rutinitas  lantunan ayat suci di setiap tempat. Terobosan yang dilakukan oleh Lembaga Al Islam Kemuhammadiyahan ini merupakan upaya dalam rangka menumbuhkan kecintaan terhadap kitab suci Al-Qur’an serta melaksanakan salah satu pilar Al Islam Kemuhammadiyahan di perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah khususnya di UNIMUDA Sorong.

By Muhammad Muzakki Rabu, 23 November 2022 | 09:21 am

Artikel Terbaru