BAITUL ARQAM DOSEN 2 SPIRIT BARU KOMITMEN PERSYARIKATAN πŸ‘οΈοΈ 661

By Muhammad Muzakki Senin, 08 Januari 2024 | 05:12 am Kegiatan

BAITUL ARQAM DOSEN 2 SPIRIT BARU KOMITMEN PERSYARIKATAN

Pelaksanaan Baitul Arqam di UNIMUDA Sorong sudah menjadi sesuatu yang rutin dilaksanakan setahun sekali bahkan menjadi prioritas karena mendapat dukungan penuh dari BPH dan rektor. Secara hirakis Lembaga Al Islam Kemuhammadiyahan (LAIK) lah yang diberi mandat  untuk menyelenggarakan  kegiatan Baitul Arqam namun khusus di awal tahun 2024 ini, penyelenggaraannya difokuskan pada seluruh dosen baik  yang belum pernah ataupun belum pernah mengikuti.  Baitul Arqam Dosen 2 dilaksanakan pada hari Jum’at sampai dengan Sabtu tanggal 5 hingga 6 Januari 2024, yang bertempat di UCC gedung Pasca Sarjana UNIMUDA Sorong,  

Lembaga Al Islam Kemuhammadiyahan (LAIK) sebagai penyelenggara utama kegiatan rutinan ini berusaha memberikan kesan dan perbedaan Baitul Arqam dari tahun ke tahun. Adapun di tahun 2024 ini  secara garis besar ada beberapa perbedaan dari pada tahun sebelumnya, Pertama dari unsur penyelenggara kegiatan  LAIK menggandeng para instruktur yang merupakan jebolan dari pelatihan Instruktur Baitul Arqam PWM Papua Barat Daya terutama dalam mengonsep dan mengemas kegiatan, Kedua  dari segi waktu pelaksanaan pada tahun ini semua peserta diwajibkan menginap di lokasi Baitul Arqam karena diselengarakan shalat tahajud  berjama’ah dan outbond. Ketiga dari segi materi dan teknis penyampaiannya lebih menarik karena setiap materi dipandu langsung oleh instruktur dengan memberikan ice breaking sebelum dan sesudah materi di sampaikan oleh pemateri, melibatkan peserta menjadi pemateri kultum setelah dilaksanakan shalat fardhu berjama’ah dan sesi fathul qulub yang melibatkan peserta untuk menggali ayat yang diberikan instruktur dan disampaikan pada forum. Keempat dari segi luaran kegiatan Baitul Arqam ini memiliki harapan agar para dosen dapat berkontribusi lebih dalam mengembangkan persyarikatan Muhammadiyah pada setiap level struktur horizontal dan vertikalnya.

Menyinggung luaran dari Baitul Arqam dosen 2 ini, penyelenggara bermaksud agar para dosen yang background keilmuannya heterogen menjadi lebih paham idiologi, strategi dan pola gerakan  Muhammadiyah  di masyarakat. Untuk mempertajam maksud dari luaran Baitul Arqam Dosen 2 penyelenggara sengaja menghadirkan seluruh ketua Pimpinan Ranting dan Cabang Muhammadiyah di kabupaten Sorong saat acara penutupan. Master Of Training (MOT) Baitul Arqam Dosen 2 menyampaikan kepada seluruh ketua Pimpinan Ranting dan Cabang Muhammadiyah yang hadir  bahwa para dosen siap menjadi bagian Muhammadiyah dan berkontribusi dengan segala keilmuannya dan juga mengingatkan para dosen agar berkomitmen dengan janjinya sesuai dengan yang ditulis untuk RTL (rencana tindak lanjut) Baitul Arqam. Kegiatan ini bukan berarti memaksa para dosen aktif di persyarikatan Muhammadiyah akan tetapi muncul dari lubuk hati yang paling dalam serta sadar bahwa caturdharma. dosen di perguruan tinggi Muhammadiyah adalah mengabdi di persyarikatan, maka setelah pelaksanaan Baitul Arqam Dosen 2 akan muncul spirit baru komitmen persyarikatan khususnya bagi para dosen.

Adapun sertifikat Baitul Arqam dapat didownload disini.

By Muhammad Muzakki Senin, 08 Januari 2024 | 05:12 am

Artikel Terbaru